Ubuntu sendmail error ketika selesai boot

Ketika ubuntu terinstall sendmail, biasanya pada saat boot pertama tidak ada masalah. Tapi ternyata setelah boot berulang-ulang kali, tiba-tiba konfigurasi error dan menyebabkan sendmail tidak bisa berjalan.

Ternyata ini disebabkan oleh file /etc/network/if-down.d/sendmail dan /etc/network/if-up.d/sendmail yang melakukan konfigurasi ulang sendmail ketika filesystem ubuntu dalam keadaan read-only. Akibat dari konfigurasi ulang ini adalah tidak tersimpannya konfigurasi yang telah dibuat oleh sendmail, sehingga muncul error dan sendmail tidak mau berjalan. Seharusnya file tersebut berfungsi ketika ada perubahaan pada file konfigurasi sendmail, namun dalam kenyataannya malah menyebabkan sendmail tersebut tidak jalan.
“It happens because these files get called when filesystem is read-only, so the newly generated sendmail config files cannot be saved.”

Solusi dari permasalah tersebut adalah dengan menghapus dua file tadi atau cukup dengan mengubah hak akses dari file tersebut agar tidak dapat dieksekusi.
# chmod -x /etc/network/if-down.d/sendmail /etc/network/if-up.d/sendmail

Ref:
http://ubuntuos.wordpress.com/2006/07/31/howto-ubuntu-sendmail-boot-error/

sendmail

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: